Januari 18, 2008

Opick dan Pewaris Surga

Posted in Tokoh pada 8:47 am oleh airhoejan

 

 opick_cover1.jpg

Kita sebagai warga muslim selayaknya bahagia karena talah hadir seorang pemusik yang telah diberikan oleh Allah hidayah dalam kehidupannya. Opick. Begitulah nama singkat dan khas. Pada tulisan singkat saya kali ini, tidak membicarakan yang lain-lain kecuali Opick. Karena jika kita bicara mengenai artis lain yang tercerahkan oleh nilai Islam sungguh banyak sekali. Namun kali ini saya ingin membahas Opick dan salah satu lagu yang sangat menyentuh.

Opick kalau tidak salah hadir ditengah-tengah kita empat tahun lalu. Dan hampir setiap Ramadhan Opick hadir memberikan nilai baru pada warna permusikan Indonesia. Kalau kita bicara masalah Nasyid sebagai fenomena gerakan dakwah sungguh ini sanagt luas, dan nampaknya saya perlu penelitian khusus dan wawancara kepada para sabikuna awalun (orang-orang awal) dalam masalah dakwah lewat nasyid. Tapi biarlah untuk bicang-bincang segar kita saya ingin mengupas fenomena Opick di belantara musik Indonesia.

Opick saya lihat untuk pertama kali hadir dan melejit lewat albumnya yang pertama dengan lagu yang hits TOMBO ATI atau bahasa Indonesianya Obat Hati. Lagu ini sebenarnya sangat akrab ditelinga para santri sudah dari dulu. Tapi Opick hadir mengemas semuanya menjadi lebih fresh. Dan hal ini melambungkan nama Opick. Pada album berikutnya saya melihat Opick hadir sama seperti sintron siquel Indonesia. Hadir bersama artis-artis besar seperti Melly. Entah kenapa saya merasa Opick kurang percaya diri untuk tampil yang kedua kalinya. Mungkin takut jatuh, setelah naik ke tingkat yang tinggi.

Namun tidak di album ke tiga. Saya melihat Opick lebih matang dan lebih dewasa. Dan hal ini saya fikir luar biasa. Bahkan sangat luar biasa. Album ketiga memiliki ruh yang dalam.terlihat bahwa Opick hadir memang untuk dakwah bukan hanya untuk musik. Saya berdoa semoga Opick bisa istiqomah dalam perjuangannya lewat musik Indonesia. Amin!

Saya ingin mengupas sedikit sebuah lagu yang Opick sampaikan kepada kita mengenai Pewaris Surga. Opick berpesan ada tujuh ciri orang yang mewarisi surga :

  1. Beriman kepada allah iman dihati mulut dan langkahnya

  2. Menjauh dari segala perkara tiada guna

  3. Menunaikan zakat

  4. Menjaga kemaluannya

  5. Memelihara amanah

  6. Memenuhi janjinya

  7. Selalu menjaga waktu terkhusuk dalam sholatnya

Semoga apa-apa yang disampaikan Opick dalam lagunya bisa terus membawa kemanfaatan bagi kita dan kitapun termasuk orang-orang yang mewarisi surga. Amin!

Jagakarsa, 8 Muharram 1429 H

Tinggalkan Balasan

